& footer, | Selain dasa-dasar mengoperasikan micr word 2010 mahasiswa pun harus mampu berkreatifitas dengan memaksimalkan fung-fungsi yang terdapat pada microsoft word 2010. |
Tabel pada Microsoft Word 2010 tidak dapat disamakan dengan Microsoft Excel karena fungsi tabel di Word sangat sederhana dan hanya sebagai sarana pengatur teks saja.
Tabel mempunyai struktur kolom, baris dan sel sehingga dapat membentuk tabulasi.
Dalam membuat sebuah tabel dalam dokumen dapat denagan berabagai cara , diantaranya sebagai berikut:
Tentukan jumlah kolom dan baris dengan cara menggeser kursor mouse ke kanan dan ke bawah. Kotak yang menyala menunjukkan jumlah baris dan kolom yang akan dibuat dalam dokumen.
Gambar 1
Tentukan jumlah kolom pada Number of columns dan jumlah baris pada Number of rows kemudian klik OK
Gambar 2
Gambar 3
Caranya pada tab insert klik table lalu pilih Draw Table
Gambar 4
1.1 Menyisipkan Tabel
Sebelum melakukan insert tabel, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu jumlah tabel yang akan dibuat. Caranya adalah Tabel > Insert Table
Gambar 5
1.2 Menggunakan Style layout tabel
Pada word 2010 kita dapat mengubah style layout tabel dengan mudah dan cepat.
Gambar 6
1.3 Mengatur lebar Cell
Untuk mengatur lebar yaitu dengan cara memilih batas kolom pada ruler bar.
Gambar 7
Tabel yang sudah dibuat dapat ditambah kan ataupun di hapus cellnya.
Gambar 8
Untuk menebalkan garis tabel dan juga mewarnainya dapat menggunakan BORDER AND SHADING
Gambar 9
Apabila kita ingin meletakkan gambar pada dokumen yang kita buat ada dua cara antara lain dengan menyisipkan ClipArt atau dengan cara menyisipkan gambar from file.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Gambar 10
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Gambar 11
2.3 Menyisipkan WordArt
Microsoft Word 2010 memiliki seni tulisan/teks yang biasa disebut dengan WordArt. WordArt diperlukan untuk melengkapi dokumen agar terlihat lebih menarik. Langkah-langkah untuk membuat WordArt adalah sebagai berikut :
1. Klik menu Insert
2. Arahkan ke Picture
3. Pilih Word Art
Gambar 12
Sebelum mencetak, pastikan bahwa dokumen yang akan anda cetak telah dibuka terlebih dahulu. Cara untuk melakukan cetak dokumen adalah :
Gambar 13
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pencetakan dokumen, antara lain :
Amplop Surat yang sudah dibuat dapat langsung dicetak dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Gambar 14
Gambar 15
3.2 Mencetak Label
Label biasanya digunakan untuk penulisan alamat atau nama tertentu yang lebih dari satu, seperti pemberian kode buku, label undangan, label pemeriksaan dan lain-lain.
1. Membuat dan Mengatur Ukuran Label
Penggunaan fasilitas label yang disediakan Microsoft Word untuk membuat dan mengatur ukuran label dapat dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Gambar 16
Gambar 17
Fitur yang ada pada semua versi Microsoft Word adalah MAIL MERGE. Mail Merge adalah fasilitas yang disediakan Word untuk membuat surat undangan dengan struktur isi surat yang sama tapi ketujuan surat berbeda-beda. Artinya jika ingin membuat surat undangan yang jumlahnya cukup banyak, cukup kita membuat struktur isi sekali saja dan data yang dituju dapat diganti sesuai dengan data yang di buat di Mail Merge
Langkah-langkah membuat Mail Merge
Gambar 18
Gambar 19
Gambar 20
Gambar 21
Gambar 22
Gambar 23
Gambar 24
Gambar 25
Bullet merupakan penanda atau hiasan pada awal paragraph dengan bentuk yang dapat diatur , mulai dari tandayang sederhana hingga bentuk lainnya. Pilih menu Home > Bullet and Numbering
Gambar 26
Gambar 27
Header dan footer berfungsi untuk menempatkan judul buku dan judul bab yang tampil pada setiap halaman . Juga bias dimanfaatkan memberikan informasi halaman pada sebuah buku. Cara menggunakannya pada menu Insert > Header Footer
Gambar 28
Footnote atau catatan kaki adalah merupakan penjelasan atau rujukan pada sebuah dokumen yang bersifat ilmiah. Rujukan ini diperlukan karena pembaca perlu di beri penjelasan yang lebih rinci tentang suatu kata, kalimat atau paragraph. Kalimat tersebut dapaat berupa kutipan langsung maupun tidak langsungdari dokumen dengan sumber yang berbeda.
Untuk menyisipkan footnote, dapat langsung menekan perintah pada menu References > insert Footnote . Lalu tuliskan isi footnotenya.
Gambar 29
Gambar 30
Komentar
Posting Komentar