MS.ACCES 2010

 

A .  Mengenal Ms.Acces 2010

1.Pengertian Microsoft Excell

Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yg akan diperoleh jika bekerja dengan Microsoft Access diantaranya dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.

 

B .  Arsitektur Microsoft Acces

2.Arsitektur Microsoft Acces

Database yang disusun dalam Access terdiri dari beberapa komponen yang membentuk suatu kesatuan system yang disebut Object Database, yang terdiri dari:

Table

Adalah objek utama dalam Access yang digunakan untuk tempat menyimpan data yang akan diolah dalam format baris dan kolom dan merupakan komponen terpenting dalam database.

Database

Kumpulan arsip data berbentuk table yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi. Kumpulan data yang dipakai atau ada dalam suatu lingkup tertentu, misalkan instansi, perusahaan dan lain-lain atau kasus tertentu.

DBMS

Kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk menangani semua pengaksesan ke database. Mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi, dan memelihara database. Bertujuan untuk efisiensi dan kenyamanan dalam memperoleh dan menyimpan informasi dalam database.

 

 

RDBMS

Merupakan sekumpulan yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambil informasinya bagi pengguna dan data tersebut saling berhubungan. RDBMS merupakan paket perangkat lunak yg kompleks digunakan untuk memanipulasi database.

Primary key

Field kunci/utama yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, dengan kata lain primary key menjadikan setiap record memiliki identitas yang membedakan satu sama lainnya (unik). Primary key berguna untuk menampilkan record hasil pencarian (searching), pengurutan dan proses penampilan data dan lainnya berlangsung dengan lebih cepat.

Query

Merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database yang telah distandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL).  

DDL dan DML

Adalah merupakan percabangan dari query. DDL atau Data Definition Language berfungsi untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat table, relasi dan sebagainya. Sedangkan Data Manipulation Language (DML) berfungsi untuk manipulasi data seperti, menambah,mengubah, atau menghapus data, pengambilan informasi yang diperlukan dari database, yang mana datanya diambil dari table maupun query sebelumnya.

SQL

Structured Query Language, adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional. Standar SQL mula-mula didefinisikan oleh ISO ( International Standart Institute) yang dikenal dengan sebutan SQL86.

Record/Tuple

Record/Tuple adalah sebuah tipe data yang mengumpulkan beberapa item data dimana masing-masing tipe data dari item data ini berbeda-beda.

 

 

Field

Atribut data yang paling kecil yang merupakan kesatuan terkecil dalam suatu Database.

 

C .  Komponen Utama (object)

.
Tables

Berfungsi sebagai penyimpan data dalam sebuah proyek. Bentuk dasar table itu sendiri terdiri dari field atau disebut column dan record disebut juga baris (row).

 

 

 

 

 

 

 

 

D .  Query

Merupakan inti dari suatu database, yang dapat melakukan fungsi yang berbeda. Fungsi query pada umumnya adalah untuk mengambil data tertentu pada table. Data yang diinginkan biasanya tersebar pada beberapa table, dengan query dapat ditampilkan dengan satu datasheet tanggal. Jika tidak ingin ditampilkan langsung secara keseluruhan bisa ditambahkan criteria untuk memfilter data yang ingin ditampilkan. Query biasa juga digunakan sebagai sumber data bagi form dan report.

Query dibedakan menjadi 2 jenis dasar yaitu :

Select Query

Hanya mengambil data dan menyiapkannya agar dapat digunakan untuk ditampilkan dilayar, dicetak ataupun disalin di clipboard.

Action Query

Action query seperti namanya akan melakukan apapun pada data seperti membuat table baru, menambahkan data table yg telah ada mengupdate data ataupun menghapus data.

 

 

 

 

 

 

 

Form

Digunakan untuk mengontrol proses masukan data (input), menampilkan data(output), memeriksa dan memperbarui data.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Report
Form digunakan untuk menampilkan data yang sudah dirangkum dan mencetak data secara efektif.

 

 

 

 

 

 

 

Macros

Untuk mempercepat tugas-tugas yang repetitif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E .  Query Wizard

Cara membuat query dengan query wizard lebih mudah karena dibantu dengan Microsoft Access. Langkah-langkahnya adalah:

1.
Buka file database yang dimiliki kemudian pilih Toolbar Create kemudian klik klik Query Wizard.

 

 

 

 

 

2.
Kemudian akan muncul kotak New Query,lalu pilih Simple Query Wizard,klik OK

 

 

 

 

 

3.
Kemudian pilih-pilih table yang diperlukan padaTabel/Query.
4.
Keterangan :

Klik >> untuk memilih field yang diperlukan dalam query

Klik >> untuk membatalkan

Klik >> jika memerlukan semua field yg ada

5.
Pilih field NIMNama, dan IPK. Kemudian klik Nextakan muncul jendela baru kemudian beri nama pada query yang telah dibuat dan pilih Open The Query to View Information

 

 

 

 

 

 

Klik Finish

6.
Berikut hasilnya :

7.
Form

Digunakan untuk membuat control proses memasukkan,memeriksa, dan memperbarui data. Kita coba untuk membuat form sederhana. Langkah-langkahnya adalah :

1.
Untuk membuat suatu form, dapat membuat berdasarkan pada table yang ada dengan memilih form  pada bagian create. Sebelumnya
pastikan dalam keadaan Datasheet View, bukanDesign View, caranya dengan Double-click pada nama Tabel.

 

 

 

 

 

 

2.
Maka secara otomatis dapat membuat suatu form yang langsung berdasarkan pada table yang sudah dibuat sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Suharno Pawirosumarto, Aplikasi Komputer Edisi 1 2009. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Suharno Pawirosumarto, Aplikasi Komputer Edisi 2 2010. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Suharno Pawirosumarto, Yusuf Elmande, Nugi Nugraha, Aplikasi Komputer Edisi 3 2012. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Komentar

Posting Komentar