Identitas Nasional






IDENTITAS NASIONAL


  1. Pengantar
Setiap bangsa, negara, dan masyarakat yang sudah mempunyai kedaulatan sebagai sebuah negara yang merdeka, berdaulat, sudah pasti mempunyai suatu identitas diri. Idenditas diri tersebut bentuknya bermacam-macam, beraneka raga, adanya yang berbentuk nyata, dan ada yang berbentuk abstrak. Salah satu yang sangat nyata dalam identitas diri tadi, adalah sebuah pengakuan dari berbagai negara atau bangsa yang lain, misalkan pengakuan akan adanya bahasa resmi, bendera resmi, budaya, dan lain-lain. Indonesia sebagai suatu negara yang berdaulat, merdeka hal-hal di atas tersebut sudah menjadi cirri khas bagi Indonesia yang sangat di kagumi, dihormati, dan dikenal di berbagai negara. Seperti para olahragawan kita yang berhasil mengukuhkan diri mereka yang terhebat dalam bidang olah raga yang sudah dilakukan oleh Rudy Hartono, Suci Susanti dan lain-lain di bidang Bulutangkis, di bidang tinjau seperti Elly Pical, dan prestasi-prestasi yang sudah diukir oleh putra-putri bangsa itu sudah menunjutkan kepada identitas suatu negara.







Modul ini akan membahas suatu persoalan yang sangat penting bagi Indonesia, khususnya bagi semua elemen bangsa tentang Identitas Nasional yang kita miliki, seperti bendera, bahasa, dan budaya, juga posisi Indonesia di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. Di harapkan kepada para mahasiswa setelah mempelajari masalah indentitas diri atau nasional ini bisa menjadi sebuah pemikiran bagi para mahasiswa agar bisa mempertahankan sebauh harga identitas diri atau nasional tersebut, terutama bagi generasi-generasi pasca kemerdekaan, saat sekarang, dan masa yang akan dating.
Di samping itu, modul ini juga akan membahas pula pengertian-pengertian, istilah-istilah maupun implementasinya pada tingkatan negara, bangsa, dan masyarakat, agar bisa diingat dan dipertahankan sepanjang bangsa ini berdiri. Dengan mengetahui dan mempelajari berbagai latar belakang dari identitas diri atau nasional negara kita, akan merupakan suatu titik tolak memperdalam masalah-masalah idealisme dan keyakinan kita sebagai suatu bagian dari bangsa, negara, dan masyarakat Indonesia.

  1. Tujuan Instruksional Umum   
Setelah mempelajari dan mengetahui modul ini, saudara diharapkan mengetahui latar belakang tentang identitas diri atau nasional ini, khususnya identitas diri atau nasional di Indonesia.






  1. Tujuan Instruksional Khusus  
Setelah mempelajari modul ini, anda diharapkan dapat :
a. menjelaskan sejarah munculnya identitas diri atau nasional negara Indonesia.
b.  menjelaskan arti identitas diri atau nasional.
c.  menjelaskan parameter identitas diri atau nasional Indonesia.
d.  menjelaskan unsur-unsur identitas diri atau nasional Indonesia .

  1.   Kegiatan belajar                           
4.1. Kegiatan belajar 1

Pengertian Identitas Nasional

4.1.1.  Uraian dan Contoh

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa masalah identitas diri atau nasional suatu bangsa, bisa lihat dari berbagai aspek, salah satu contoh misalnya, apa yang diperoleh oleh para duta-duta bangsa yang sedang mempertaruhkan sesuatu demi bangsa dan negara.






Dimana pada saat Bendera merah putih berkibar dan terdengar lagu kebangsaan kita dikumandangkan, maka perasaan bangga dan terharu menjadi satu yang tidak dapat dilupakan oleh siapapun artinya seseorang tadi akan berusaha untuk menjadi yang terbaik dan akan mempertahankan harga diri atau suatu kehormatan bangsa dengan melalui bendera dan lagu kebangsaan.
     Dengan berkibarnya bendera dan didengarkannya suatu lagu kebangsaan itu merupakan ciri dari suatu bangsa, agar bangsa-bangsa lain bisa mengenal dan mengetahui bangsa tersebut, misalkan seperti Indonesia, selain dikenal seperti yang di atas, letak posisi geografis kepulauan Indonesia dengan  sejumlah pulauanya yang sangat banyak, serta ditambah dengan beraneka ragam suku, bahasa, dan masyarakatnya yang sangat religius atau suatu masyarakat yang beragama, ditambah lagi dengan budaya dan norma maupun teknologinya. 
     Kalau kita perhatiakan pengertian identitas nasional adalah merupakan suatu manifestasi dari kumpulan-kumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nation), negara (state) dengan mempunyai ciri-ciri khas yang sangat berbeda dengan negara-negara lain, baik dalam sistem dan dalam kehidupannya.






Arti dari pada identitas diri atau nasional adalah identity kalau diasumsikan dalam bahasa Indonesia kira-kira mempunyai arti seperti jati diri, tanda-tanda, yang terdapat dalam diri seseorang, bangsa, dan negara. Dalam ilmu antropologi, pengertian identitas ini adalah suatu sifat yang khas yang menjelaskan pada kesadaran seseorang, golongan, pada kelompok, komunitas, dan negara sendiri. Nilai budaya yang ada dalam masyarakat atau negara akan tercermin pada identitas nasional, dan dia bukan suatu barang yang sudah jadi, tapi menjadi berkembang dan terbuka yang secara terus menerus akan hidup menuju suatu hasrat kemajuan. Implementasinya adalah setiap identitas nasional merupakan hal yang sangat terbuka dan masih sangat relevan dalam kondisi secara actual pada diri masyarakat.
Ukuran dan patokan yang digunakan dalam identitas nasional adalah cirri khas yang bisa diukur seperti kebudayaannya, normanya, adap istiadatnya yang sudah terbentuk dalam geografis negara tersebut. Ada beberapa indikator-idinkator dalam identitas nasionalnya seperti :
a.     Pola perilaku yang diwujudkan dalam sikap masyarakat.
b.     Lambing-lambang yang merupakan gambaran tentang suatu bangsa.






c.      Alat perlengkapan seperti bentuk bangunan, peralatan manusia, teknologi dan lain-lain.
Unsur atau elemen merupakan suatu bagian yang bisa membentuk identitas nasional dalam suatu negara seperti unsur sejarah, kebudayaan, adanya suatu budaya unggul dalam masyarakat tersebut, aneka ragam suku atau eknis, agama, dan bahasa ini merupakan suatu modal yang besar memberikan sumbangsih terhadap pembentukan identitas nasional seperti halnya Indonesia unsur-unsur yang di atas sangat membantu dalam pembentukan karekter dan sikap bangsa Indonesia di hadapan bangsa-bangsa lain.

4.1.2.  Latihan 1
    1.  Coba anda diskusikan dengan teman-teman anda tentang bagaimana pembentukan suatu identitas nasional suatu bangsa.

2.     Diskusikan dengan teman-teman anda apa-apa saja bagian identitas nasional.









3.     diskusikan dengan teman-teman anda tentang pengertian identitas nasional.

Kunci jawaban Latihan I      
1.     Pembentukan identitas nasional itu berawal adanya suatu kebanggaan diri dari seseorang, sekolompok orang dalam mencapai sesuatu di mata negara-negara lain,misalkan dalam hal bidang olah raga, saint, dan bidang-bidang yang berhubungan dengan masalah-masalah teknologi.
2.     Bagian-bagian dari identitas nasional itu adalah seperti bendera, lagu kebangsaan,  kondisi alam dan letak posisi suatu negara.
3.     pengertian identitas nasional tersebut merupakan suatu gabungan dari beberapa nilai yang tumbuh dan berkembang dalam diri suatu bangsa, masyarakat yang sangat jelas berbeda dengan bangsa-bangsa atau negara-negara lain.

4.1.3.  Bentuk rangkuman
Sudah sangat jelas.










4.1.4.  Tes Formatif 1
Sudah sangat jelas

4.1.5.  Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Sudah sangat jelas.

Komentar